Senin, 11 Januari 2010

MATERI PENGAJARAN DAN METODE PENGAJARAN

pendidikan anak di sekolah dan di rumah seharusnya menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan, untuk itu orang tua perlu berperan aktif dalam menciptakan lingkungan dan kesempatan yang dapat merangsang serta melibatkan anak dalam berbagai aktivitas tertentu. dengan memperhatikan perilaku, kepribadian, potensi, minat, kecerdasan, gaya belajar, kami tumbuh kembangkan kompetensi anak usia dini melalui pembentukkan aqidah dan akhlaq islami.

MATERI :

MENYEIMBANGKAN PELAJARAN DASAR ILMU AGAMA SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN EMOSI, DENGAN MENYEIMBANGKAN DASAR ILMU PENGETAHUAN UMUM DAN TEKNOLOGI SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KECERDASAN OTAK KIRI DAN KANAN.

membantu menghadapi bagaimana memrogram harapan dini melalui kegiatan active learning dengan :
kebutuhan, minat, kemampuan anak baik secara individu maupun kelompok dengan pengembangan kompetensi kecerdasan majemuk.

PENGAJARAN ACTIVE LEARNING SECARA PRIVAT, bertujuan :
1. Lebih mudah memahami perilaku anak serta pendekatan secara individual dalam mengembangkan potensi anak secara maksimal untuk setiap perorangannya.

RASIO PERBANDINGAN GURU DAN SISWA, yaitu :
1 GURU : MAKSIMAL MENGAJAR : 6-10

KEGIATAN PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING)

1. Pengaturan tempat duduk yang berubah-ubah sesuai kebutuhan
2. Banyak ragam sumber belajar
3. Anak aktif, guru banyak membimbing dan mengarahkan
4. Potensi anak berkembang
5. Kelas bukan satu-satunya tempat belajar
6. Belajar aktif melalui strategi pembelajaran


APAKAH ACTIVE LEARNING

- Belajar dengan melibatkan mental dan tindakan.
- Menggunakan pikiran, gagasan, memecahkan berbagai masalah dan menerapkan apa yang
dipelajari.
- Menyenangkan, mendukung, dan menarik anak.
- Anak belajar untuk mendengarkan, mengajukan pertanyaan, dan mendiskusikannya.
- Anak aktif melakukan sesuai konteks pelajaran.

ALASAN BELAJAR ACTIVE
(ACTIVE LEARNING)

- Rentan waktu perhatian anak pendek
- Kemampuan anak untuk duduk tenang terbatas
- Anak lebih baik belajar berbagai pengalaman nyata, yang didasarkan pada aktivitas
- Adanya fakta tipe belajar yang berbeda
- Menghargai perbedaan individu dan berbagai macam intelegensia

PENGAJAR

1. Sayang dan Cinta anak
2. Profesi : mendidik, mengajar, melatih
3. Dalam Kegiatan Pengajaran (KBM):
- Pengelola Kelas, demonstrator, motivator, evaluator
- Kreatif, Inovatif, Ekspresif
4. Menjalin kerjasama dengan orang tua untuk mengatasi perilaku anak

MOTIVASI PEMBELAJARAN AKTIF DIMULAI SEJAK AWAL PELAJARAN

  • TEAM BUILDING
Membantu siswa menjadi akrab satu sama lain, atau menciptakan suatu semangat
kerjasama dan saling ketergantungan

  • ON-THE-SPOT ASSESMENT
Mempelajari tentang perilaku anak, pengetahuan, serta pengalaman anak

  • IMMEDIATE LEARNING INVOLMENT
Menggerakkan peserta didik untuk mengambil peran dari awal

MENCIPTAKAN ANAK UNTUK MEMPEROLEH PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN PERILAKU

AGAR ANAK BERFIKIR, MERASAKAN, DAN MENERAPKAN :
  • Belajar sepenuhnya di kelas
  • Bertanya cepat
  • Belajar dengan bekerjasama, dengan berbagai usia (4-6 tahun)
  • Belajar dengan mandiri, efektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar